Jumat, 02 November 2012

Makalah PKTI 1A - Alat Alat Pemrosesan


ALAT-ALAT PEMROSESAN
PKTI 1A
logo_gunadarma.jpg

KELOMPOK 3

NAMA :                                                                            NMP
1.    Annisa Hani Utari                                              20212960
2.   Asri Andriani Rohmana                                       21212215
3.   Carey Desiana                                                   21212553
4.   Devi                                                                  21212918
5.   Gusti Ani Yunita                                                        23212218
6.   Isna Rohmatin                                                   23212851
7.   Rika Novianna                                                    26212372

UNIVERSITAS GUNADARMA
2012/2013






KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan  makalah yang berjudulAlat-Alat Pemrosesan”.
Dalam penyusunan makalah ini, kami tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehinggga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Komputer dan Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma.
Dalam penyusunan makalah ini kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penyusun sendiri maupun kepada pembaca umumnya. Kami mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan pada penulisan makalah ini untuk itu kami berterima kasih apabila pembaca memberi saran atau kritikan kepada kami.

Bekasi,   November 2012













BAB I
PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah co
mputer beroperasi?.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai alat-alat pemrosesan computer.

            1.2  Tujuan Penulisan
Dengan di buatnya makalah ini di harapkan baik penulis maupun pembaca bisa mengerti bagaimana computer dapat bekerja dan hal apa saja yang di butuhkan computer untuk beroperasi.

1.3    Rumusan Masalah
1.2.1  Menjelaskan pengertian alat-alat pemrosesan
1.2.2  Menjelaska macam-macam dari alat-alat  pemrosesan
1.2.3  Menjelaskan bagian-bagian dari alat-alat pemrosesan












BAB II
PEMBAHASAN
Alat-alat Pemrosesan Komputer

            Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output. Alat pemroses terdiri dari :
1.      CPU (Central Processing Unit), yaitu tempat pemroses intruksi-intruksi program. CPU terdiri dari beberapa komponen penting, yaitu :
a.       Processor
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTJGcwLVp3GAVCUcQ6RWaiWtGJFqqw9QPPOiKjOXsBb_d-DVk8hGgMicroprocessor (biasa disebut processor), adalah  otak yang mengatur kerja sebuah komputer. Processor pertama kali diproduksi oleh Intel pada tahun 1974.

b.      Motherboard / Mainboard
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ5jHyS7PGnpnYvUYCVsDLbUZ25dsWtM87eUd6RBXqDWbHU-0m3Motherboard (MB) adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunyai slot-slot untuk komponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubgung dan saling bekerja sama dengan baik.

c.       RAM (Random Access Memory)
ram.jpgRAM adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang dimintan oleh processor. Pemilihan RAM disesuaikan dengan form factor dari motherboard yang akan digunakan. Demikian juga dengan speed RAM yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan speed busmotherboard yang akan dipakai. RAM sendiri dijual berdasarkan kapasitas penyimpanan datanya, mulai dari 4 MB, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB.







d.      VGA (Video Graphics Array) Card 

vga-card1.jpgKomponen lain pada unit sistem yang tidak kalah penting ialah VGA Card (kartu VGA). VGA card dibuat berupa papan sirkuit yang berisi chip yang berfungsi sebagai perantara antara unit sistem dengan layar monitor sebagai media output. Tanpa komponen ini, informasi hasil pengolahan CPU tidak dapat ditampilkan pada monitor.
VGA Card adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh pengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli graphic adapter. Namun karena berkembang standar baku yang dikembangkan oleh IBM, yaitu standar VGA, maka komponen ini lebih dikenal dengan VGA Card. VGA Card beredar di pasaran berdasarkan kapasitas memory internal yang ada pada VGA card tersebut, mulai dari 16 MB, 32 MB, 64 MB, dan 128 MB. Kapasitas ini terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi graphic adapter ini.

e.       Hardisk Drive (HDD)
harddisk.gifHardisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC karena pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada di PC disimpan. Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data.
Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran permenit bahkan ada yang sampai 7200 putaran permenit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Hardisk dijual berdasarkan kapasitas dan kecepatan rotasi yang ada. Semakin cepat putaran sebuah hardisk, semakin cepat data yang dapat ditransfernya. Kapasitas hardisk yang beredar di pasaran mulai dari dibawah 800 MB, 1 GB, 4 GB, 8 GB, 10 GB, 20 GB, 30 GB, dan sebagainya. Teknologi terbaru memungkinkan sebuah hardisk mampu menyimpan data sampai dengan 500 GB.





f.       Floppy Disk Drive (FDD)

Floppy Disk Drive.jpg Floppy Disk Drive atau yang lebih dikenal dengan FDDadalah alat untuk membaca danmenuliskan data yang tersimpan di sebuah floppy disk (disket). Pada awalnya, FDD muncul dengan ukuran yang besar yaitu5.25” mengikuti ukuran disket yang saat itu sedang beredar. Namun saat ini yang masih bertahan adalah FDD yang berukuran 3.5”. Untuk pasar Indonesia banyak beredar FDD dengan merk Panasonic.



g.      CDROM / DVDROM Drive

cd rom-de-cd-rom.jpgCDROM atau DVDROM drive adalah alat untuk membaca data dari media CD atau DVD. Karena bersifat ROM (Read Only Memory), alat ini hanya mampu membaca data saja. Namun akhir – akhir ini berkembang teknologi penulisan CD, sehingga muncul yang disebut CD-RW dan DVD –RW Drive. CD-RW dan DVD-RW drive selain dapat membaca (read) data dari media CD dan DVD, juga mampu menulis (write) data ke dalam media tersebut. Satuan "X" pada CD ROM drive (pada umumnya) sebenarnya mengacu pada kecepatan baca dari CD DVD standard transfer ratenya 1.32MB/s. Rate ini disebut "1X" dan anda harus berhati-hati jangan salah kaprah dengan kecepatan rate CD, dimana "1X" berarti150KB/s. "1X" DVD rate kecepatannya sama dengan "9x" kecepatan CD.

h.      Network Adapter 
kartu jaringan.jpg
Network Adapter bisa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), LAN (Local Area Network) Card, dan EthernetCard. Network adapter adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Berkomunikasi di sini bukan berarti bercakap-cakap, melainka nbertukar data dan sumber daya lainnya.

i.        Sound Card dan Speaker 

soundcard.jpgSound Card atau kartu suara, merupakan komponen tambahan berupa papan yang berisi chip yang berfungsi untuk menghasilkan energi suara, kemudian lewat media sound system seperti speaker, suara tersebut dapat diperdengarkan. Saat ini, terdapat motherboard yang membuat VGA dan Sound card secara on board, artinya kedua komponen tersebut dibuat berupa chip yang menyatu dengan chip lain pada motherboard (built in)

                        CPU terdiri atas tiga bagian utama, yaitu kendali unit (Control Unit) dan Unit Aritmatika dan Logika (Arithmetic and Logic Unit) dan Register.        

a.       Control Unit
Control Unit.jpg
Fungsi unit ini adalah untuk alat pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut di keluarkan (output).




b.      Arithmetic and Logic Unit
Arithmetic Unit.jpgFungsi unit adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika.



c.       Register

registr.jpgRegister merupakan simpanan kecil yang mempunyi kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di Main Memory.








2.      Main Memory
Main Memory merupakan simpanan yang kapasitasnya besar. Main Memory juga disebut dengan Main Strorage (penyimpanan utama) atau Internal Memory (ingatan internal). Main Memory terdiri dari :
Ø  RAM (Random Access Memory)
Memori berfungsi menyimpan sistem aplikasi, sitem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah.
Struktue RAM dibagi menjadi 4 bagian :
1.      Input Strorage       : untuk menampung input yang dimasukan lewat alat input
2.      Program Strorage  : untuk menyimpan semua intruksi, intruksi program yang akan
diproses
3.      Working Strorage  : menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4.      Output Strorage    : menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan di
  di tampilkan kea lat output.


Ø  ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memory yang hanya dapat di baca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam memori ini.
Isi ROM sudah di isi oleh pabrik komputer, berupa program-program pokok yang di perlukansistem komputer yaitu Sistem Operasi (Operating System).
Isi dari ROM tidak boleh rusak dan hilang, bila terjadi demikian maka system komputer  tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya pabrik komputer  merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa di baca saja supaya isinya tidak terganti oleh isi yang lain.
Macam-macam ROM antara lain :
1.      PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi di program.

2.      RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan PROM dimana kita bisa melakukan perubahan berulanh kali sesuai keinginan kita.

3.      EPROM (Erasibel Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.

4.      EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik, EEPROM  ini jenis yang paling banyak digunakan saat ini.




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan - Dasar-dasar pengoperasian computer
Ø  Komputer harus dioperasikan dengan prosedur yang benar, mulai dari merangkai, mengaktifkan, hingga mematikan. 

Ø  Sebelum menggunakan komputer, Anda perlu mengetahui bagian-bagian penting yang terletak di bagian depan dan bagian belakang kotak CPU. 

Ø  Bagian depan terdiri dari tombol power, tombol reset, dan tombol media penyimpanan seperti CD/DVD ROM dan disket. 

Ø  Bagian belakang terdiri dari port-port yang memiliki fungsi masing-masing dan bentuknya berbeda-beda untuk menghindari salah colok.

Ø  Untuk mengaktifkan komputer, kita cukup menekan tombol power hingga seluruh perangkat menyala. 

Ø  Untuk mematikan komputer, kita harus melakukan prosedur shutdown dengan cara memilih menu System ? Quit ? Shutdown. 

Ø  Setelah komputer benar-benar mati, barulah arus listrik boleh kita cabut. 

Ø  Mematikan komputer langsung dari tombol power atau mencabut arus listrik tanpa proses shutdown berpotensi merusak perangkat keras maupun perangkat lunak komputer.

Ø  Ketika komputer aktif, Anda dapat menjalankan suatu aplikasi, memasukkan data kemudian menyimpannya. 

Ø  Aplikasi dapat dijalankan melalui menu Application atau melalui Terminal. 

Ø  Dalam sistem operasi Linux, setiap user memiliki home folder sendiri-sendiri untuk menyimpan file. 

Ø  Dengan begitu, user yang tidak berhak atau tidak mengetahui username dan password tidak akan dapat masuk atau membaca file yang bukan haknya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar