Rabu, 14 November 2012

WINDOWS


Gambar 1.0
Tampilan Windows 7
Windows adalah sebuah system operasi pada computer yang dikembangkan oleh Microsoft. Window merupakan system operasi berlisensi atau berbayar, dan menggunakan grafis sebagai userinterface. Windows merupakan salah satu system operasi yang paling populer digunakan, baik perseorangan, korporasi/perusahaan. Salah satu kelemahan system operasi ini adalah lebih rentan dengan serang virus, jika di bandingkan dengan system operasi lainnya seperti, iOS yang dikembangkan oleh Machintos.
Windows merupakan evolusi dari system operasi MS-DOS, yang berbasiskan modus teks dan command line. Saat ini perkembangan system operasi windows sangat pesat, terlihat dari banyaknya versi-versi yang beredar di pasaran, mulai dari Windows 98, Windows 2000, Windows Xp, Windows Vista, Windows 7, hingga Windows 8, yang baru saja dirilis beberapa pekan yang lalu.
Pengguna membutuhkan aplikasi atau perangkat lunak, untuk dapat melakukan kegiatan/tugas yang dibutuhkan. Beberapa aplikasi yang biasa digunakan adalah aplikasi pengolahan kata dan lembar kerja(Ms. Office), pemutar media (windows media player), manipulasi gambar (paint), dll.

Gambar 1.1 Taskbar

Notification area

 
Middle section

 
Start Menu

 
Pada desktop terdapat taskbar, yang merupakan batang horizontal yang berada di bagian bawah dari desktop dengan fungsi memulai, memonitor atau memanage aplikasi yang sedang berjalan. Pada taskbar terdapat tiga elemen utama, yaitu start menu, middle section, dan juga notification area.

Gambar 1.2 Taskbar dan start menu properties
Jika kita mengklik kanan pada bidang middle section, dan memilih properties, maka akan muncul window yang berisikan pengaturan dari taskbar dan juga start menu.
Melalui window taskbar dan start menu properties, kita dapat mengatur beberapa pengaturan pada taskbar dengan cara menceklis pilihan pengaturan yang kita inginkan, seperti lock the taskbar (membuat ukuran taskbar terkunci), auto-hide (membuat taskbar dapat muncul dan bersembunyi dengan otomatis), group similar taskbar (membuat taskbar mengelompokan aplikasi yang kita buka lebih dari 3 menjadi 1 kelompok). Selain pengaturan taskbar, terdapat pula pengaturan tampilan start menu, classic start menu atau start menu.
Pada bagian Notification area, terdapat beberapa icon program yang disebut tray icon dan juga jam. Tray icon adalah icon dari aplikasi/program yang berjalan pada system computer.


Gambar 1.3 My Computer

Pada bagian start menu, terdapat beberapa program atau folder default computer, seperti My Computer, My Document, Control Panel, My Picture, My Music, dll. Jika kita mengklik icon My Computermaka akan muncul sebuah window/jendela yang berisikan hard disk drive, file stored, device yang terhubung dengan computer. Pada tampilannya, terdapat beberapa bagian pada my computer, seperti Standart buttons : tombol standar yang terdapat pada window, seperti tombol back, up, search, forward. Menu Bar : menu-menu yang biasa terdapat pada window, seperti file, edit, view, dll. Control menu : untuk mengatur aplikasi pada windows. Title bar : sebuah bar yang menunjukkan judul dari aplikasi/folder yang kita buka. Address bar : sebuah bar yang menunjukkan lokasi sebuah file secara detail. Task pane : panel yang menyediakan berbagai fasilitas dan bantuan. Status bar : menampilkan informasi tentang dokumen yang sedang aktif. Corner : untuk memperbesar atau memperkecil layar dengan cara di drag. Minimize : mengecilkan window. Maximize : membesarkan window menjadi full screen. Close : menutup windo

Gambar 1.4 Control Panel

Control Panel adalah sebuah folder yang berisikan program-program utility dari windows. Terdapat beberapa program yang dapat kita gunakan di menu control panel, seperti System and security : mengatur keamanan computer. Programs : digunakan untuk menambah atau membuang/uninstall program. User account : digunakan untuk membuat akun pada computer. Clock, time, language and regional : digunakan untuk mengatur waktu pada computer. Hardware and sound : digunakan untuk mengatur hardware yang digunakan pada computer, seperti printer, keyboard, mouse, mengatur device audio. Network and internet: digunakan untuk membuat atau mengganti koneksi internet. Appearance : mengatur display properties. Ease of Acsess : mengakses suara kecerahan computer





Gambar 1.5

Gambar 1.6
Command Prompt merupakan sebuah baris perintah pada system operasi yang berguna untuk mengeksekusi file dengan cara menuliskan perintah. Command prompt atau jaman dulu bernama DOS prompt pada awalnya digunakan dalam system operasi MS-DOS. Untuk membuka jendela command prompt, dapat dilakukan dengan cara klik start pada start menu, pilih RUN, maka akan muncul sebuah jendela, lalu ketim “cmd” dan  tekan ok, maka akan muncul jendela command prompt.



Gambar 1.6.1
Beberapa perintah yang dapat digunakan di command prompt antara lain, “CD”, perintah ini berguna untuk berpindah dari satu directory ke directory lainnya.

Gambar 1.6.2
Perintah untuk membuat sebuah directory adalah “MD”. Sehingga kita dapat membuat sebuah directory/folder melalui command prompt, dengan cara mengetik md spasi nama directory yang ingin kita buat, lalu tekan enter. Untuk membuat sebuah directory dengan nama lebih dari satu kata, maka kita harus menambahkan tanda kutip diawal dan akhir perintah, agar ketika kita enter, maka directory yang kita buat hanya satu directory. Dan untuk membuat dua atau lebih directory, maka kita tidak perlu menggunakan tanda kutip di awal dan akhir perintah



Gambar 1.6.3

Perintah Tree digunakan untuk melihat folder apa saja yang terdapat di dalam sebuah directory atau folder. Untuk menggunakan perintah ini, kita harus memilih directory yang diinginkan dengan menggunakan perintah”cd”, setelah directory yang ingin kita lihat telah kita temukan, maka kita tinggal mengetik perintah “tree” lalu enter, dan folder-folder  yang terdapat didalam directory yang kita inginkan akan terlihat jelas











LAPORAN AKHIR
WINDOWS

Nama              : Asri Andriani Rohmana
Kelas                : 1EB24
NPM                : 21212215
Materi             : Windows
Tanggal           : 7 November 2012 (akhir)
                          14 November 2012 (pendahuluan)
Asisten Baris   :
Ketua Asisten  : Merry

Paraf Asisten



Laboratorium Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
2012








Tidak ada komentar:

Posting Komentar