Kamis, 11 Oktober 2012

Pengantar Management 1


Konveksi dan Toko Songoh

Konveksi  Songoh memproduksi manufaktur gaun bola dengan berbagai macam jaket bola, sweater, kaos bola (jersey). Konveksi ini berlokasi di Perumahan Graha Harapan, Bekasi Timur dan letaknya sangat strategis sehingga dapat dijangkau oleh banyak orang.
Dan konveksi ini sudah memiliki beberapa cabang yang berlokasi di Jakarta dan Bandung. Konveksi ini memiliki banyak karyawan yang dibagi menjadi enam kelompok, yaitu kelompok obras, kelompok menjahit, kelompok sablon, kelompok bordir, kelompok pemotongan bahan, dan kelompok finishing.
Konveksi ini sudah berjalan selama 9 tahun, sehingga dapat dikatakan bahwa konveksi ini memiliki peluang yang baik dan termasuk dalam kategori bisnis yang sukses. Konveksi ini juga sudah memiliki banyak pelanggan dan juga banyak toko yang sudah menjadi reseller dari produk Songoh ini.
Ancaman dari sekitar lingkungan bisnis adalah banyak pesaing. Karena sudah banyak juga konveksi yang memproduksi manufaktur gaun bola seperti Songoh ini. Dan pada saat pemasok benang tidak ada, maka proses produksi akan tertunda sampai pemasok benang datang sehingga mengakibatkan pendapatan berkurang (menurun) dan tidak stabil.
Kelebihan dari produk Songoh ini adalah menggunakan bahan-bahan terbaik, seperti Lotto. Harga produknya juga terjangkau dan dengan kualitas baik. Prosedur pembelian bisa dalam grosiran dan juga dalam eceran. Dan juga proses pembeliannya dapat dengan cara pemesanan sesuai model yang diinginkan.
Kelemahan dari konveksi ini adalah ruangan konveksi ada yang bocor, sehingga bila terjadi hujan yang sangat deras, maka akan bocor, dan membasahi bahan-bahan yang akan diproduksi. Sehingga sebelum memproses penjahitan, bahan yang basah tersebut di laundry terlebih dahulu. Jika ada barang yang rusak maka harga barang tersebut menurun.

Sekian dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar